tips memilih makanan tambahan burung kicauan

Thursday, April 12th 2012. | burung

burung kicauanMemiliki burung kicauan di rumah memang merupakan kesenangan tersendiri, duduk santai sambil memandang burung di sangkar tanpa terasa beberapa jam telah lewat. Selain kicauan burung yang indah, warna bulu yang berwarna warni juga merupakan daya tarik tersendiri buat para penggemarnya.  Untuk mendapatkan burung selalu prima, maka diperlukan ketelatenan dalam merawatnya dan bila perlu berikan makanan tambahan.

makanan tambahan atau dikenal dengan istilah extra feeding (FE) sangat penting bagi burung kicauan kesayangan kita. Hal ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut ini ada beberapa pengelompokan sederhana berbagai makanan tambahan yang dapat diberikan untuk burung kicauan berdasar makanan utamanya. Burung kicauan dengan makanan utama serangga, seperti murai batu dan juga kacer memerlukan tambahan vitamin secara rutin. Untuk jenis burung sudah biasa diberikan voor dengan kandungan vitamin yang sudah banyak, mungkin tidak terlalu membutuhkan suplemen ataupun vitamin. Akan tetapi bila burung tidak diberi makan voor, maka hewan tersebut wajib diberi makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya serta menjaga dan meningkatkan kualitas suaranya.

Untuk beberapa jenis burung dengan pakan utama berupa buah buahan, seperti cucak rawa dan juga cucak biru memerlukan makanan tambahan berupa serangga.

Burung pemakan biji bijian, seperti kenari dan juga branjangan ada baiknya makanan tambahan yang diberikan adalah buah, sayuran, dan juga serangga. Pemberian makanan tambahan tersebut dapat dilakukan secara bergantian. Dengan makanan tambahan yang tepat, maka burung kicauan akan semakin memikat hati.

tags: ,