Thursday, 24 July 2014

Ciri dan Pengertian Hewan Mamalia

Pengertian Mamalia secara garis besar adalah sekelompok organisme yang bertulang belakang, berdarah panas dan menyusui atau memiliki kelenjar mamae. Mamae — mamalia, mulai terlihat hubungannya bukan? Ciri-ciri khusus yang membedakan golongan mamalia dengan hewan lain seperti unggas dan reptil adalah rambut (bedakan dengan bulu yang hanya dimiliki unggas), tiga tulang telinga tengah, kelenjar susu pada mamalia berkelamin betina dan memiliki neocortex pada otak mereka. Otak pada hewan mamalia mengatur peredaran darah, termasuk ke dalam jantung dibagi menjadi 4 ruang; dan juga suhu tubuh mereka. Hewan terbesar di dunia yaitu Paus dan hewan tercerdas di dunia yaitu primata termasuk dalam golongan mamalia.

orang utan adalah mamalia

Jenis Hewan Mamalia

Sebenarnya cukup sulit untuk bisa menjelaskan detail macam-macam mamalia secara singkat. Sebab, coba bayangkan, ada kurang lebih 5000 genus di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih dibagi lagi menjadi puluhan bahkan ratusan ribu spesies yang berbeda. Melelahkan bukan jika ingin dibahas satu persatu. Namun secara ilmiah agar lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam sepuluh ordo yang berbeda. Di antaranya

  • Ordo Artiodactyla yang meliputi sapi, domba, kerbau, babi, kambing, jerapah, dll.
  • Ordo Proboscidea yang meliputi gajah.
  • Ordo Carnivora yang meliputi singa, harimau, anjing, kucing, beruang, musang, dll.
  • Ordo Rodentia yang meliputi tikus, hamster, marmut, dll.
  • Ordo Lagomorpha yang meliputi kelinci dll.
  • Ordo Cetacea yang meliputi paus dan lumba-lumba.
  • Ordo Sirenia yang meliputi dugong, sapi laut, dll.
  • Ordo Monotremata yang meliputi platipus, echidna.
  • Ordo Perissodactyla yang meliputi zebra, badak, kuda, tapir, dll.
  • Ordo Primata yang meliputi gorila, simpane, orangutan, dll.

Dari pembagian ini diharapkan kita sudah mendapat bayangan ringkas tentang apa saja yang masuk ke dalam golongan hewan mamalia.

Mengenal Hewan Mamalia

Beberapa dari mamalia bisa dipelihara, dan sebagian besar tidak karena merupakan hewan liar. Namun ada beberapa prinsip utama yang harus kita ketahui tentang cara-cara hewan ini hidup seperti suhu untuk hidup, cara bereproduksi dan lain sebagainya.

1) Suhu tubuh. Mamalia adalah hewan berdarah panas, artinya hewan-hewan ini memproduksi panas tubuh mereka sendiri. Panas ini akan dibuang jika berlebih dan akan disimpan jika suhu di sekitar mereka lebih rendah dari standar yang dibutuhkan tubuh tersebut. Ini semua agar hewan ini tidak over heating atau kepanasan atau kedinginan. Standar suhu yang bisa diterima oleh seekor mamalia berbeda-beda tergantung spesies dan habitat aslinya.

2) Reproduksi. Sebagian besar mamalia di dunia ini berkembang biak dengan jalan beranak atau melahirkan. Setelah itu mereka menyusui anak mereka dengan kelenjar mamae yang biasanya sudah terisi cadangan makanan untuk anak mereka. Akan tetapi ternyata ada dua jenis hewan mamalia yang berkembang biak dengan bertelur, mereka adalah platipus dan ekidna.

3) Pangan. Untuk makanan mamalia memiliki jenis makanan berbeda-beda tergantung ordo mereka. Untuk ordo karnivora makanan utama mereka adalah daging, mereka merupakan hewan pemangsa dan biasanya posisinya tinggi di piramida makanan. Untuk hewan herbivora di ordo Artiodactyla, mereka rata-rata adalah hewan pemamah biak yang pakan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.

Demikian sekilas tentang ciri dan pengertian hewan mamalia. Ternyata mamalia adalah sebuah kelompok yang sangat besar dan tersebar luas di bumi ini. Tidak hanya berasal dari berbagai genus dan spesies tapi juga berasal dari berbagai habitat yang berbeda pula. Tahukah anda bahwa kita manusia juga dapat digolongkan sebagai mamalia!

Related Posts to "Ciri dan Pengertian Hewan Mamalia"

Response on "Ciri dan Pengertian Hewan Mamalia"