Thursday, 31 July 2014

Hewan Langka Asal Indonesia

Hewan Langka Asal Indonesia – Seperti sudah kita ketahui bersama Indonesia adalah wilayah yang terkenal dengan kekayaan alam, flora dan faunanya. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan tamaknya manusia, banyak dari flora dan fauna ini yang sudah mulai punah atau menjadi langka. Di Indonesia terdapat beberapa jenis hewan langka yang masih hidup, baik di alam bebas, di penangkaran, di kebun binatang, atau dipelihara secara pribadi oleh pencinta hewan langka.

Untuk mengurangi resiko menuju kepunahan karena perburuan liar atau perusakan habitat oleh masyarakat, maka kehidupan hewan-hewan langka mendapatkan perlindungan hukum melalui Undang-Undang tentang Lingkungan dan Cagar Alam. Mari kita sama-sama simak, binatang apa saja yang digolongkan sebagai hewan langka tersebut dalam beberapa ulasan berikut ini :

1. Harimau Sumatera

Saat ini ada banyak jenis harimau yang telah masuk dalam kategori hewan langka, diantaranya ialah harimau loreng atau belang, harimau kumbang, harimau yang tutul ataupun panther. Di Indonesia sendiri diketahui memiliki tiga jenis harimau terpopuler yaitu harimau Jawa, harimau Bali dan harimau Sumatera. Sayang sekali Harimau Jawa diperkirakan sudah punah sejak tahun 1980-an. Nasib spesies harimau Bali pun kurang lebih sama dengan harimau Jawa. Sekarang giliran harimau Sumatera menghadapi resiko yang sama jika tidak segera kita lestarikan.

hewan langka harimau sumatra Indonesia

Kini, hewan pemburu dari sumatra ini berada dalam jumlah yang terbatas dan diperkirakan mereka yang masih hidup di alam liar banyak yang belum terjamah oleh tangan manusia. Hewan-hewan buas itu tinggal di daerah pegunungan ataupun lereng bukit. Semakin minimnya jumlah hutan di Indonesia membuat habitat harimau Sumatera semakin menyempit dan terbatas. Tidak sedikit pula ada pemburu liar yang dengan sengaja memburu binatang langka satu ini untuk dijadikan hiasan yang memiliki harga jual tinggi.

2. Burung-Burung Eksotis

Kategori berikutnya dalam hewan langka asal Indonesia adalah burung. Unggas yang sudah tergolong hewan langka ini ada beberapa jenis, salah satunya ialah burung Cendrawasih yang kini hanya bisa di temukan di pulau Papua saja. Keindahan bulu dan bentuknya membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai burung surga. Burung lain yang tak kalah cantiknya ialah burung merak, yang memiliki daya tarik utama pada bagian ekornya; ekor yang panjang dan menjuntai ke bawah layaknya selendang para penari. Di ujung bulu ekor burung merak terdapat bulatan yang berwarna keemasan seperi manik-manik hiasan yang semakin memikat hati jika ia mengembangkan ekornya.

hewan langka Indonesia burung kakatua

Selain kedua burung langka tadi, burung-burung yang memperoleh perlindungan kelestarian hidup lain di antaranya burung elang Jawa, burung jalak Bali, burung rajawali, burung kakak tua, dan masih banyak lagi; terutama mereka yang memiliki keindahan serta suara yang merdu.

baca juga nama hewan langka Indonesia

3. Badak

Di seluruh dunia terdapat beberapa sub-spesies badak, Indonesia beruntung memiliki dua diantara spesies tersebut. Ada badak Sumatera dan ada pula badak bercula satu yang mungkin paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kita bagaimana status hewan langka yang satu ini? Badak yang paling dilindungi ialah badak bercula satu. Bukan berarti badak Sumatera tidak terancam punah juga, namun kondisi badak bercula satu sudah sangat kritis; populasinya di bawah 100 ekor. Dahulu kala hewan berkulit tebal ini masih banyak di temukan di hutan Sumatra dan semanjung barat Jawa; namun karena banyaknya pemburu yang memburu cula mereka, maka tidak heran badak menjadi hewan dengan populasi yang terus menyusut tiap tahunnya.

4. Komodo

Salah satu hewan langka yang dianggap merupakan sisa peninggalan zaman purbakala. Kadal raksasa atau yang dikenal dengan nama komodo. Hidup di Pulau Komodo dengan jumlah yang sangat menipis. Air liur hewan ini dikenal sangat berbahaya terhadap mangsa-mangsanya, diketahui mengandung beberapa jenis bakteri berbahaya. Komodo di alam liar memiliki berat sekitar 70kg.

hewan langka komodo

Masih banyak hewan-hewan langka lain asal Indonesia yang tidak kalah menariknya dari beberapa yang sudah disebutkan di atas. Ada  monyet tarsius, babi rusa, maupun orang utan. Mari kita jaga kelestarian mereka, karena mereka adalah harta bersama. Jangan biarkan hewan langka asal Indonesia tersebut punah.

Related Posts to "Hewan Langka Asal Indonesia"

Response on "Hewan Langka Asal Indonesia"