Monday, 28 July 2014

Agar Burung Kenari Sehat dan Bagus Suaranya

Agar Burung Kenari Sehat dan Bagus Suaranya – Bila anda hobby memelihara burung kenari tentunya ingin mempunyai burung dengan kualitas juara, kicauan yang bagus, dan juga selalu sehat. Hal tersebut membutuhkan perawatan yang membutuhkan ketlatenan. Berikan selalu makanan burung yang memiliki kandungan nutrisi dan juga gizi.

agar burung kenari sehat dan suaranya bagus

Perawatan Kesehatan Burung Kenari

Untuk menjaga kesehatan burung kenari dan juga mendapatkan kualitas suara yang bagus hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang. Hal tersebut sangat penting sekali untuk kenyamanan burung kenari anda. Berikut ini beberapa tips perawatan dasar untuk selalu menjaga kesehatan burung. Dengan kesehatan yang bagus, suara burung kenari yang indah siap didapatkan.

  1. Selalu perhatikan dan jaga kebersihan kandang burung anda. Jangan lupa untuk membersihkan lantai kandang dari kotorang burung setiap harinya. Karena kandang yang bersih adalah syarat burung yang sehat.
  2. Perhatikan juga ketersediaan air bersih di dalam kandang mereka. Gantilah air dalam kandang dengan air segar setiap harinya. Pilih air yang bermutu dan sehat.
  3. Siapkan pakan dari biji-bijian bermutu. Pilihlah pakan yang bergizi dan bagus untuk kesehatan peliharaan anda seperti niger seed, millet atau canary seed.
  4. Jangan ragu untuk memberikan suplemen makanan tambahan. Makanan saja kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin maupun zat bermanfaat lain untuk hewan peliharaan anda. Tambahkan sumplemen dan mineral untuk mereka.
  5. Hindarkan kandang dan burung anda dari paparan langsung sinar matahari. Apabila burung terkena sinar matahari langsung, terlebih lagi di saat panas terik, maka tidak mustahil burung bisa mati karena kepanasan. Jika ingin menjemur burung anda, usahakan dengan matahari pagi atau sore hari yang lebih teduh.
  6. Hindarkan juga kandang dan burung dari paparan langsung angin kencang.
  7. Waspadai serangan tungau atau kutu pada burung anda.
  8. Segera gunting kuku burung yang terlalu panjang. Terutama untuk pejantan, ini dimaksudkan agar ketika dikawinkan kuku tersebut tidak menyakiti pasangan.

Demikian tadi beberapa hal dasar yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan burung kenari peliharaan. Dengan burung yang sehat dan memiliki ketahanan tubuh kuat, maka burung tidak akan malas untuk berbunyi. Suara kenari yang nyaring dan indahpun dapat dengan mudah didapatkan. Baik sebagai hobby saja ataupun memelihara burung kenari untuk kompetisi, tentunya membutuhkan kedisiplinan dalam perawatan.

Related Posts to "Agar Burung Kenari Sehat dan Bagus Suaranya"

Response on "Agar Burung Kenari Sehat dan Bagus Suaranya"