Friday, 25 July 2014

Tips Merawat Burung Pleci

Nama Burung Pleci mungkin tidaklah sepopuler burung peliharaan lainnya seperti burung kenari, atau burung lovebird. Namun burung yang mempunyai sebutan white eye ini adalah salah satu burung kecil yang juga memiliki suara indah. Burung Pleci memiliki ciri lingkaran putih di sekitar matanya, merupakan burung yang mempunyai wilayah tertentu untuk habitatnya. Panjang tubuh burung pleci antara 9 – 10 cm, dengan bagian atas badan dipenuhi bulu warna hijau.

burung pleci gacor

Burung pleci adalah burung yang terbiasa hidup berkelompok, dan merupakan golongan burung jenis peniru. Bila anda ingin mempunyai burung pleci dengan suara bagus, taruhlah berdekatan dengan burung lain. Tujuan perlakuan tersebut adalah untuk membuat burung pleci mencontoh suara burung yang sudah jadi tersebut. Sebelum membahas tetang tips-tips seputar burung pleci, marilah kita kenal dahulu jenis burung pleci. Pepatah bilang jika tak kenal maka tak sayang. Jenis  yang saat ini ada di indonesia berasal dari berbagai wilayah, baik itu dari manca ataupun burung pleci lokal yang telah lama dikenal.

burung pleci suara bagus

Mengenal Jenis Burung Pleci

  •  Pleci Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) biasanya tersebar di Jawa memiliki perut keseluruhan perut berwarna kuning. Ada pula yang endemik di bagian barat Jawa, Sumatera dan Kalimantan, dengan ciri terdapat  pita kuning sempit di bagian perut tengah bawah.
  • Pleci Kacamata topi-hitam memiliki kening dan pucuk kepala berwana gelap kehitaman.
  • Pleci Kacamata gunung (Zosterops montanus) memiliki warna mata pucat. Pada jenis ini tidak ada warna kuning di bagian perut sementara warna sisi mereka kecoklatan.
  • Pleci Kacamata Enggano (Zosterops salvadori) jenis yang satu ini seperti kacamata biasa namun memiliki perut berwarna krem putih.
  • Pleci Kacamata belukar (Zosterops everetti) juga menyerupai kacamata biasa namun pita yang berada di bagian dada bawah tengah berwarna kuning lebih dan lebar. Pucuk kepala depan jenis ini berwarna kekuning-kuningan.
  • Pleci Kacamata laut (Zosterops chloris) memiliki ukuran lebih besar dan berwarna lebih pucat ketimbang burung kacamata jawa. Kacamata laut juga memiliki bintik-bintik di sekitar kekang hitam.
  • Pleci Kacamata Jawa (Zosterops flaus) adalah jenis burung kacamata yang ukurannya lebih kecil dan lebih kekuningan daripada jenis kacamata laut. Jenis ini juga tidak memiliki warna hitam pada kekangnya.

Nah, itu tadi beberapa jenis burung pleci yang saat ini dikenal di Indonesia. Memang burung kecil ini adalah burung yang lincah dan juga mempunyai suara merdu. Jika anda tertarik untuk memelihara atau bahkan malah ingin menangkarkannya maka anda perlu mengetahui beberapa hal dasar yang berkaitan dengan burung pleci ini. Termasuk bagaimana cara agar burung pleci buka paruh, tips agar pleci merasa nyaman, ataupun cara memasang gantangan dalam kandang.

burung pleci bagus

Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Seperti yang sudah diungkit sebelumnya memiliki burung pleci yang jinak dan pandai berkicau merdu ternyata tidakah mudah, namun jangan patah semangat. Ada beberapa tips merawat burung pleci agar cepat buka paruh dengan kicauan indah dan suaranya merdu.

1      Coba satukan burung yang akan dilatih dengan pleci yang sudah jinak. Burung jenis ini bersifat kolonial yaitu merasa aman dan nyaman jika berada bersama burung lain. Otomatis secara perlahan tapi pasti kejinakan pleci yang satunya bisa mempengaruhi pleci yang baru akan dijinakan. Selain itu burung plecui adalah burung peniru. Jadi dengan mendekatkan burung dengan burung lain yang mempunyai kicauan bagus, maka harapannya pleci dapat meniru suara burung yang sudah jadi tersebut.

2      Beri makanan yang cukup jangan dikurangi atau dibatasi. Bermaksud ingin memotivasi malah bisa tidak berhasil dalam melatih burung anda. Beri makan secukupnya dan biarkan burung tersebut beradaptasi, menirukan kebiasaan pleci lain yang sudah lebih dulu jinak. Makanan alami seperti ulat juga penting untuk selalu diberikan. Selain ulat, berikan juga nestar untu burung pleci anda.

3       Dalam hal penempatan sangkar, lebih baik jika sangkar di letakan di daerah yang banyak di lalui orang namun jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Yang penting cukup jauh dari jangkauan predator seperti kucing.

4      Tempatkan burung dalam sangkar yang tidak terlalu besar dan memiliki tempat bertengger yang banyak. Dengan begitu burung tersebut akan beradaptasi dan membiasakan diri. Ini dapat memotivasi burung untuk berkicau dengan merdu.

Tidak lupa dalam memelihara burung ini tentu harus dibarengi dengan rasa penuh kasih sayang dan hati-hati karena perlakuan kita akan mempengaruhi kualitas hewan peliharaan kita juga, Untuk mendapatkan burung pleci dengan kualitas bagus sudah pasti kita harus selalu merawatnya dengan baik dan juga selalu diberi pakan yang berkualitas tinggi.

Related Posts to "Tips Merawat Burung Pleci"

Response on "Tips Merawat Burung Pleci"