Thursday, 24 July 2014

Cara Cara Budidaya Ikan Lele Terpal

Cara Cara Budidaya Ikan Lele ada bermacam-macam. Sebagaimana kita ketahui, budidaya lele adalah salah satu jenis usaha yang saat ini diminati. Pengelolaan budidaya ikan pun dapat dilakukan baik secara kompleks ataupun dengan cara sederhana. Kali ini pojok-vet akan memberikan gambaran tentang lele kolam terpal di halaman rumah.

kolam lele terpal

Cara Cara Budidaya Ikan Lele

Budidaya lele tergolong menjadi favorit karena ternak lele banyak dikonsumsi. Ikan lele merupakan salah satu sumber protein hewani  yang rasanya enak dan juga murah. Selain kedua hal tersebut, lele dipelihara ataupun dikonsumsi juga karena mempunyai manfaat berupa kandungan nilai gizi. Khasiatnya tidak hanya sebagai lauk saja, tetapi ikan lele dapat berguna untuk kesehatan.

Baca tentang manfaat ikan lele untuk kesehatan.

Cara Budidaya ikan lele dahulu dilakukan dengan menggunakan kolam yang luas, baik itu kolam yang beralaskan tanah ataupun kolam ikan modern yang menggunakan semen. Cara tersebut memang dapat memberikan keuntungan bila dikelola dengan baik. Nah, lalu bagaimana bila kita ingin membudidayakan ikan lele namun tidak punya cukup lahan ? Apakah hal tersebut memungkinkan ?

Saat ini perkembangan budidaya ikan lele sudah semakin maju. Sekarang bahkan dikenal teknik budidaya lele menggunakan kolam terpal. Lahan yang digunakan juga tidak harus luas dan permanen. Dimana ada lahan menganggur, bisa dibentuk menjadi kolam terpal. Sebagai contoh, dihalaman rumah ada lahan seluas 2 m x 3 m, dengan peralatan sederhana bisa menjadi kolam lele terpal.

Sebelum memulai membuat kolam terpal, pertama tama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka sebagai penyangga kolam terpal. Pilih yang sesuai dengan kondisi, membuat kolam di atas tanah atau membuat kolam dengan menggali tanah.  Keduanya mempunyai keuntungan masing masing.

Untuk persiapan lele kolam terpal yang berada diatas tanah dapat menggunakan bantuan bambu ataupun kayu sebagai bahan kerangka. Satukan dengan kawat dan juga paku untuk membuat kerangka kolam semakin kokoh. Pilihlah terpal dengan kualitas yang bagus agar kuat dan juga awet. Keuntungan kolam terpal di atas tanah adalah kolam bersifat sementara, kapan saja bisa kita pindah tanpa merubah bentuk asli halaman kita. Sangat cocok diterapkan pada halaman rumah yang mempunyai sedikit lahan tanah terbuka. Kolam terpal dapat dibuat diatas lahan yang telah tertutup beton.

Untuk budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal yang berada dibawah tanah dilakukan dengan menggali terlebih dahulu beberapa petak tanah. Bila masih banyak tanah kosong dihalaman, sangat cocok digunakan untuk kolam terpal jenis kedua ini. Tentunya kolam dengan lahan permanen ini akan lebih kuat dibandingkan dengan kolam terpal diatas tanah.

Demikian gambaran singkat tentang cara cara budidaya ikan lele terpal di halaman rumah menggunakan kolam terpal. Dibandingkan kolam beton, biaya kolam terpal jauh lebih murah dan hemat, akan tetapi hasil budidaya tidak kalah. Sebuah solusi yang murah namun berkualitas. Semoga dapat menambah wawasan di dunia perikanan, khususnya tentang budidaya ikan lele.

Related Posts to "Cara Cara Budidaya Ikan Lele Terpal"

Response on "Cara Cara Budidaya Ikan Lele Terpal"