Manfaat Lele Untuk Kesehatan

Sunday, January 27th 2013. | perikanan

Manfaat Lele – Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele? Ya, ikan air tawar ini adalah salah satu ikan konsumsi yang paling populer di Indonesia. Ikan ini terkenal di kalangan masyarakat karena harganya yang relatif murah dan pengembangbiakannya yang tidak terlalu sulit. Lele juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat yang pastinya cocok dengan lidah kita. Ternyata tidak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat lele yang belum banyak dari kita ketahui. Mau tahu apa saja?

Meski tergolong ikan air populer, tidak sedikit dari kita yang masih ragu atau ogah menyantap lele. Berbagai macam alasannya, dari yang tidak doyan, jijik dengan penampilannya, sampai ada juga yang ilfeel alias tidak nafsu ketika tahu lele memakan apa saja (termasuk kotoran). Apabila kita tahu banyak hal tentang manfaat lele mungkin kita bisa mempertimbangkan kebaikan apa saja yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan yang terkenal dengan kumisnya itu. Karena tidak sedikit pendapat yang menyatakan bahwa lele berguna untuk kesehatan. Mengkonsumsi lele disarankan oleh para ahli kesehatan, bahkan oleh American Heart Association. Ikan yang lincah dan licin ini juga dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit seperti kencing manis, hepatitis, impotensi dan lain-lain.  Wah, ternyata menarik juga ya khasiat ikan lele ini.

Manfaat Lele

manfaat lele untuk kesehatanManfaat ikan lele yang sangat baik untuk kesehatan dikarenakan berbagai kandungannya yang penuh gizi. Meskipun sering dicap murahan ternyata lele mengandung banyak zat-zat yang baik untuk tubuh manusia jika dikonsumsi. Dalam satu ekor lele saja terkandung protein sebesar 16 – 17%, jumlah yang cukup besar dan mampu memenuhi kebutuhan asam amino pada tubuh manusia. Hal itu karena dalam daging ikan lele banyak terkandung leusin dan lisin.

Leusin adalah asam amino esensial yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak-anak. Leusin juga menjaga kadar nitrogen agar seimbang dalam tubuh. Sementara itu lisin, juga merupakan asam amino esensial yang berfungsi dalam penyerapan kalsium; dibutuhkan dalam produksi hormon, antibody, kolagen, enzim dan perbaikan jaringan.
Selain protein tinggi dan asam amino esensial yang beragam, daging lele juga kaya akan vitamin B-12. Bayangkan, dalam satu ekor lele saja 40% kebutuhan tubuh akan vitamin B-12 sudah bisa terpenuhi. Fungsi vitamin B-12 ini tidak sembarangan. Vitamin tersebut dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme, memecah makanan yang masuk menjadi energi. Jika kebutuhan vitamin B-12 kita cukup maka tubuh tidak akan cepat lemah dan lesu.

Manfaat lele tidak hanya itu saja, meskipun murah dan mudah didapat tapi ternyata memiliki kandungan omega 3 dan omega 6. Omega 3 dan omega 6 ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. Padahal selama ini banyak orang beranggapan zat-zat tersebut hanya bisa didapat dari bahan makanan kelas atas alias mahal.
Selain zat-zat di atas, lele juga diketahui kaya akan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang dan gigi; kalium yang efektif untuk mengendalikan tekanan darah atau darah tinggi; natrium yang membantu kesehatan pembuluh darah dan jantung; juga asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat menekan kolesterol.

baca juga jenis ikan lele

Tidak sulit bagi kita untuk bisa mendapatkan segala kelebihan dan manfaat lele ini. Cukup dikonsumsi secara teratur, meskipun disarankan tidak terlalu banyak karena apa-apa yang terlalu banyak tak pernah baik bukan? Cobalah mengkonsumsi ikan berkumis ini beberapa kali dalam seminggu. Agar tidak bosan, ikan lele mudah untuk dimodifikasi menjadi berbagai makanan yang menarik dengan teknik berbeda-beda dan cita rasa beraneka.
Siapa bilang hidup sehat harus selalu dengan menyatap makanan mewah atau mahal. Rupanya ikan air tawar yang sering kita pandang sebelah mata seperti lele pun memiliki banyak sekali potensi yang tidak kita sadari bukan? Manfaat lele bisa berguna bagi anak-anak maupun orang dewasa, terlebih lagi tidak menjadi kendala buat kantong kita. Maka, selamat mengkonsumsi ikan berkumis ini dan dapatkan manfaat lele untuk kesehatan.

tags: , ,