Mengatasi Kacer Berbadan Kurus

Mengatasi Kacer Berbadan Kurus

Kacer yang memiliki badan kurus memang sangat disayangkan oleh pecinta Kacer, apalagi jika burung tersebut memiliki skill berkicau yang sangat baik. Hal seperti ini sungguhlah sangat disayangkan. Betapa tidak, di saat seekor burung Kacer sudah memiliki skill yang baik dan kemampuan berkicau yang bagus, Ia justru memiliki badan yang kurus dan kecil.

Jika seekor Kacer sudah berbadan kurus, maka sangat besar kemungkinan Kacer tersebut akan sulit memenangkan kejuaraan. Pasalnya, syarat dari sebuah kontes Kacer adalah kesehatan Kacer itu sendiri. Adapun jika seekor Kacer itu kurus, maka sangat besar kemungkinan Kacer itu mengidap penyakit.

Baca juga: Memahami Kesiapan Kacer Sebelum Lomba

Ya, salah satu penyebab kurusnya Kacer sendiri adalah Kacer sebuah penyakit tertentu. Adapun penyebab Kacer berbadan kurus adalah sebagai berikut:

1. Kacer malagizi dan tidak mendapat asupan gizi yang baik dari pemiliknya.
2. Kacer mengidap penyakit cacingan.
3. Kacer mengalami gangguan pencernaan sehingga Ia tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Penyebab-penyebab diatas adalah penyebab umum yang mengakibatkan seekor burung Kacer ini kurus. Dengan mengetahui penyebab-penyebab di atas, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan pencegahan untuk masalah seperti. Akan tetapi, jika burung sudah terlanjur berbadan kurus, maka hal wajib yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatasi masalah tersebut. adapun dalam mengatasi Kacer berbadan kurus.

Baca juga: Memahami Kenakalan Kacer dan Solusinya

Anda bisa melakukan cara-cara seperti berikut ini:

1. Jika seekor Kacer kurus karena kekurangan gizi, maka Anda harus memperbaiki pola makan dan jenis pakan dari Kacer itu sendiri. Sedangkan jenis pakan yang baik untuk kondisi seperti ini adalah pakan-pakan Kacer yang memang mengandung vitamin, mineral, dan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan Kacer. Sedangkan jenis pakan yang disarankan sendiri adalah buah, EF, dan voer yang sehat.

2. Jika seekor Kacer kurus gara-gara cacingan, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memberikan burung ini obat cacing khusus burung. Sedangkan untuk mendapatkan obat tersebut Anda bisa dapatkan di toko-toko burung terdekat.

3. Jika Kacer kurus karena infeksi saluran pencernaan dan mengakibatkan organ pencernaan tidak berjalan sebagai mana mestinya, maka cara untuk mengatasi Kacer berbadan kurus seperti adalah dengan memberikan obat khusus infeksi pencernaan.

Baca juga: Cara Mengatasi Burung Kacer yang Tiba Tiba Lumpuh

Cara-cara diatas bisa Anda lakukan untuk mengatasi Kacer yang kurus. Tapi ingat, dalam melakukan cara-cara diatas, Anda juga wajib melaksana perawatan rutin untuk Kacer. Diluar itu semua, Anda juga bisa memberikan burung ini multivitamin khusus. Disamping mengatasi burung Kacer berbadan kurus, dengan pemberian multivitamin ini juga sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan burung itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.