Cara Merawat Anak Kucing & Tips Memandikannya

Cara Merawat Anak Kucing & Tips Memandikannya

Merawat anak kucing berbeda dengan cara perawatan kucing dewasa. Kucing kecil atau kucing anakan membutuhkan ketlatenan dan juga kesabaran khusus. Namun buat anda yang suka akan kelucuan kuacing kecil, tidak perlu bingung. Pelihara saja bila memang anda suka.

Tentu saja harus terlebih dahulu memahami kebiasaan dan cara memelihara kucing anakan. Berikut ini beberapa panduan yang bisa digunakan sebagai dasar memelihara kuing anakan.

Baca Juga: Cara Merawat Kelinci yang Menderita Penyakit Kudisan

Cara Merawat anak Kucing yang Baru Lahir

1. Setelah kucing lahir, harus diberikan makanan yang alami, terutama susu dari induk kucing dalam waktu 10 sampai dengan 20 menit. Jangan lupa berikan makanan dan juga minuman bergizi untuk induknya.

2.Makanan padat diberikan pada anak kucing mulai usia 2 sd 3 minggu. Berikan tambahan susu khusus untuk kucing. Ketika kucing dalam masa pertumbuhan hindari pemberian susu sapi atau kambing, karena kandungan pada susu tersebut masih belum dapat tercerna pada sistem penernaan anak kucing.

3. sediakan 2 buah nampan untuk tempat kotoran anak kucing. Ganti nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Anak kucing akan membiasakan membuang kotoran pada nampan tersebut sampai dengan umur 3 bulan

4. anak kucing dapat disapih mulai umur 8 minggu. Pada umur ini anak kucing harus dibiasakan makan makanan padat.

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Cara Merawat Burung Merak Hijau Betina

5. anak kucing harus dilatih untuk melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya sampai usia 7 minggu. Hal ini agar anak kucing yang akan dipelihara menjadi terbiasa dengan manusia dan juga agar anak kucing tidak menjadi agresif terhadap manusia.

6. Anak kucing juga perlu untuk diperdengarkan bunyi-bunyian dan juga perlu untuk dibiasakan bertemu dengan binatang lainnya.

Tips Memandikan Kucing Supaya Aman dari Cakaran

Tips Memandikan Kucing Supaya Aman dari Cakaran

Kucing yang kita pelihara harus selalu bersih dan juga sehat. Selain melakukan vaksinasi kucing secara teratur dan faktor lingkungan, hal penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kucing itu sendiri. Tak jarang kita menjumpai kucing kesayangan kita terlihat kotor dan juga kusam bulunya. Hal yang harus dilakukan adalah memandikan kucing untuk membuatnya tampil bersih lagi. Berikut ini beberapa tips dasar tentang cara memandikan kucing.

Cara Memandikan Kucing di Rumah

Sediakan peralatan mandi yang akan digunakan untuk kucing. Meliputi shampoo, handuk, serta tempat mandinya. Sebagai tempat mandi bisa digunakan ember yang lebar dan dalam. Setelah peralatan mandi siap. Isi ember dengan air hangat.

Saat mulai memandikan kucing, pegang hewan tersebut dengan posisi membelakangi anda. Hal ini utnuk mencegah cakaran kucing yang mungkin terjadi. Kucing mencakar dalam keadaan takut adalah hal yang biasa. Pegang bahunya dengan tangan anda. Perlu diingat jangan memegang dengan cara mencengkeram leher kucing. Hal tersebut akan membuat kucing tercekik dan susah nafas.

Setelah merasa nyaman dalam memegang kucing, siram tubuh hewan tersebut mulai dari bahunya hingga ke seluruh tubuh. Gunakan shampoo khusus hewan dan usapkan ke semua bagian tubuh kucing kecuali daerah wajah dan telinga. Lakukan secara pelan-pelan dan juga hati-hati.

Baca Juga: Tips Sukses Cara Ternak Burung Merak Jawa

Setelah shampoo pada tubuh kucing merata, bilas dengan air yang sudah disediakan sampai bersih. Jangan sampai ada sisa shampoo yang tertinggal di tubuh kucing.

Bagian terakhir dalam memandikan kucing adalah mengeringkan hewan tersebut setelah dimandikan. Gunakan handuk untuk mengeringkan bulunya. Tempelkan hingga membungkus semua bagian tubuh kucing, kemudian usap perlahan. Bila bulu kucing yang dimandikan tebal, bisa juga menggunakan alat bantu untuk mengeringkan bulunya, seperti pengering rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.