Inilah Cara yang Ampuh Agar Burung Kacer Gacor

Inilah Cara yang Ampuh Agar Burung Kacer Gacor

Selamat siang sobat kacer mania, kami yakin sobat semua termasuk penghobi burung yang tentu terus semangat memberikan perawatan yang bagus untuk burung kicau peliharaannya. Karena memang hal yang wajib kita lakukan bila memelihara burung, maka memberikan perawatan yang bagus. Jangan sampai kita membiarkannya meskipun kacer tidak mau ngoceh atau gacor.

Burung kacer sendiri penyebarannya cukup banyak di wilayah Asia, terutama di Indonesia, dan penggemarnya pun juga sangat banyak. Berbagai macam jenis kacer juga menjadi salah satu faktor burung ini diminati oleh kicau mania, karena setiap jenis memiliki karakter masing-masing yang unik.

Kacer bisa dibilang bentuknya imut dengan suara yang khas, yakni merdu dan keras, seiring dengan bertambahnya peminat burung ini, maka harganya pun juga turut naik. Selain itu, tak sedikit pula dari sobat kicau mania yang mengoleksi suara kicauan kacer untuk dijadikan sebagai bahan memaster burung kicau kesayangannya.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Cara Merawat Burung Merak Hijau Betina

Suara kacer yang bagus tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi sobat kicau mania untuk memilikinya, karena kacer yang mampu berkicau dengan baik, maka cukup tepat untuk diikutsertakan dalam even-even perlombaan burung kicau. Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan sedikit tips mengenai cara agar kacer cepat gacor.

Perhatikan beberapa tips berikut yang bisa buat kacer gacor
Sumber: Canva Pro

Perhatikan beberapa tips berikut yang bisa buat kacer gacor:

Jenis Kelamin Kacer

Burung kacer yang gemar berkicau umumnya adalah berkelamin jantan, jadi jangan sampai salah pilih untuk menjadikan kacer gacor harus jantan. Kacer jantan bulu hitamnya lebih mengkilap dan tegas dibandingkan kacer betina.

Pakan Kacer

Setiap 2 hari sekali, ganti voer yang lama dengan yang barus. Adapun kebutuhan protein kacer minimal harus 12%, agar stamina kacer selalu terjaga dan prima.

EF untuk Kacer

Pemberian pakan tambahan juga cukup penting dalam menunjang performa kacer, selain sebagai variasi tambahan yang membuat kacer agar tidak bosan juga kebutuhan gizinya akan semakin lengkap dan terpenuhi, karena syarat utama kacer senang gacor adalah kondisi tubuhnya yang sehat. Adapun pakan Extra Fooding yang diberikan bisa berupa: ulat hongkong, kroto, jangkrik, belalang, ulat bambu, ulat kandang, kelabang, dan lain sebagainya. Tentunya dalam menambahkan pakan EF ini harus dengan porsi yang baik dan tidak berlebihan.

Bersihkan kandang Kacer

Kondisi kandang setiap harinya harus selalu bersih dari kotoran, sebaiknya selalu amati, jika terdapat kotoran maka langsung bersihkan. Hal ini demi kenyamanan dan agar kacer juga terhindar dari serangan bakteri jahat.

Baca juga: Tips Sukses Cara Ternak Burung Merak Jawa

Air Minum Kacer

Berikan air minum yang bersih, sebaiknya air dimasak terlebih dahulu baru diberikan pada kacer. Karena air yang bersih tentu akan membuat tenggorokannya lebih ringan, dan terhindar dari bakteri yang mengganggu tenggorokan, sehingga suaranya akan lebih plong dan tidak serak.

Pemandian dan Penjemuran Kacer

Untuk pemandian yang baik adalah sebelum dimandikan, maka angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15 hingga 30 menit. Jika sudah dimandikan, maka penjemuran bisa dimulai jam 8 sampai jam 10, setelah itu kembali lagi angin-anginkan sebentar selama kurang lebih 10 menit.

Mastering Kacer

Pemasteran yang baik bisa anda lakukan pada sore hari, bisa juga malam hari sampai pagi, hal ini sesuaikan sendiri dengan kebiasaannya dan kondisinya. Apabila kondisi malam hari teramat dingin suhunya, maka sebaiknya biarkan kacer istirahat, dan ganti dengan sore hari. Adapun yang tak kalah pentingnya adalah memilihkan lagu-lagu mastering kacer yang bagus dan berkualitas, pemilihan lagu sesuai minat anda.

Mastering kacer menjadi sangat penting karena hal ini lah yang membuat kacer anda menjadi gacor dan siap untuk kompetisi.

Lingkungan yang Tepat

Meletakkan kacer di lingkungan nyaman memang seharusnya, jangan sampai membiarkan kacer berada di lingkungan yang rama dan terdapat banyak pengganggu, baik pengganggu dari jenis kendaraan, manusia, ataupun juga binatang seperti kucing, cicak, semut, dan lain-lain.

Vitamin

Vitamin tambahan seminggu sekali juga cukup membantu membuat kacer tampil prima, dan agar kesehatannya tetap terjaga. Seperti yang telah kami bilang di atas, bahwa syarat utama kacer gacor adalah sehat.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing & Tips Memandikannya

Latih Mental Kacer

Sesekali bawa kacer ke liingkungan yang ramai, yang paling bagus adalah di daerah liar, seperti hutan, kebun, sawah agar kacer bisa menikmati suasana alam seperti burung liar umumnya. Hal ini selain membuat mental kacer menjadi semakin kuat juga membuatnya merasa berada di suasana yang baru yang indah tentunya.

Dekat dengan Kacer

Biasakan anda sellu dekat dengan kacer, hal ini berguna untuk membuatnya lebih lulut atau jinak dengan anda. Sehingga tidak ada pemisah diantara keduanya, dan tentu ini akan membuatnya lebih percaya diri untuk selalu berkicau.

Kerondongi saat hari

Ketika malam hari tiba, sudah saatnya sangkar kacer untuk dikerondongi, dan jangan biarkan kacer kedinginan.

Pancing dengan burung Kacer lain

Dengan mendengarkan suara kacer lain, maka membuatnya terpicu untuk berkicau, tetapi jangan sampai mendekatkannya, sebaiknya beri jarak beberapa meter.

Baca juga: Keuntungan Memelihara Kenari Sebagai Burung Kicauan

Itulah usaha-usaha yang bisa dilakukan untuk membuat burung kacer semakin tampil prima dan gacor tentunya. Tunggu postingan kami selanjutnya yang tentu akan membahas sejuta burung kicauan yang semoga bisa bermanfaat buat sobat kicau mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.