Cara Melatih Mental Burung Kacer

Cara Melatih Mental Burung Kacer Supaya Gacor Saat Kontes

Bisa dikatakan apabila Burung Kacer tidak berkicau atau tidak memiliki mental saat perlombaan, maka burung tersebut tentu akan membuat Anda dalam masalah. Agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti burung enggan berkicau karena giras atau malu, atau karena burung tidak terbiasa dengan keramaian tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk melatih mentalnya.

Baca juga: Cara Merawat Telur dan Anak Kacer Supaya Sehat

Cara Melatih Mental Burung Kacer

Melatih mental burung ini sebenarnya harus dimulai sejak kecil atau bakalan, kemudian dilakukan juga pelatihan pada saat Anda merawatnya setiap hari mulai dari memandikan burung atau menjemurnya di tempat yang banyak di lalui orang untuk membiasakannya dengan manusia.

Mengenal Kacer Madagaskar dan Ciri-cirinya (1)

Agar burung bisa memiliki mental yang kuat dan tidak hanya ngeriwik saja serta tidak mbagong saja, Anda harus memperhatikan pemberian extra food. Istilah mbagong merupakan istilah untuk masalah yang sering dihadapi oleh burung terutama pada saat berhadapan dengan burung sejenisnya, apabila berhadapan dengan burung sejenisnya dan kemudian burung tersebut melakukan hal-hal aneh seperti mengembangkan bulunya maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai Burung Kacer yang mbagong.

Untuk melatih mental burung kita akan memulai dari:

A. Menjinakkan

Pada saat menjinakan burung, inilah kesempatan kita untuk berinteraksi lebih dekat dengan Burung Kacer. Kita bisa memberikan makanan langsung dari tangan kita dan membiasakannya dengan manusia.

Baca juga: Penyebab Anakan Kacer Mati di Usia Dini yang Perlu Anda Ketahui

B. Melatih Dengan Burung Lain

Agar mbagong tidak sering terjadi, Anda juga harus melatih burung ini dengan menghadirkan beberapa ekor burung sejenis yang diletakkan di dekatnya. Metode ini juga bisa dimanfaatkan untuk membiasakan burung bertemu burung asing.

C. Sering Diajak ke Lomba-lomba

Perlombaan tentu saja merupakan salah satu tempat paling ideal apabila Anda ingin melatih mental burung. Tempat tersebut selain rame, juga dipenuhi berbagai jenis burung termasuk burung sejenisnya.

Mengajak burung berlama-lama di tempat seperti ini dimaksudkan untuk melatih mentalnya sangat baik. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
Hindari tempat-tempat yang terlalu berisik.
Gantung di tempat yang sedikit jauh terlebih dahulu agar burung tidak kaget dan stres.

D. Setingan Harian

Perawatan harian, mulai dari perlakuan hingga pemberian makan harus diperhatikan. Pemberian vitamin dan extra food tidak boleh ditinggalkan. Beberapa makanan seperti belalang, jangkrik, cacing, dan lain-lain, termasuk juga kroto harus diberikan secara seimbang baik dengan metode berdasarkan hari maupun dengan metode berdasarkan jumlah takarannya.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Kacer Ngeriwik Saat Kontes

Misal, Anda bisa memberikan jangkrik satu ekor kemudian ditambah dengan kroto setiap hari, baik pagi dan sore hari, atau, Anda juga bisa memberikan cacing 2 kali atau 3 kali dalam seminggu.
Dengan begitu, burung akan menjadi lebih cepat jinak serta memiliki kesehatan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.