Cara Jitu Memaster Burung Kacer

Pojok-vet.com – Memasukan suara burung-burung tertentu kepada burung kicau yang biasa kita kenal dengan sebutan mastering bukanlah perkara mudah. Dan biasanya memakan waktu yang cukup lama serta proses yang panjang, membutuhkan ketelatenan, kesabaran dan keuletan.

Untuk menghasilkan burung yang bagus, biasanya kita harus memilih burung yang memiliki potensi paling bagus, burung tersebut harus mulai dari anakan atau bakalan. Dengan begitu, burung yang masih kosong tersebut bisa kita berikan berbagai jenis master agar kicauan atau gacornya akan semakin berisi dan variatif.

Baca juga: Cara Melatih Mental Burung Kacer Supaya Gacor Saat Kontes

Cara Memaster Kacer

Mengenal Kacer Medan dan Ciri-cirinya (1)

Bagi Anda yang menginginkan burung dengan suara kicauan beragam, terutama apabila Anda memiliki Burung Kacer, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

Waktu

Pada umumnya, apabila seorang peternak memiliki Burung Kacer yang akan di-master pemilihan waktunya sangat bervariasi. Namun pada umumnya ada dua waktu utama di mana burung tersebut dengarkan master.

Harian

Setiap hari setelah dimandikan dan diangin-anginkan antara 10.00 hingga 16.00 sore, burung bisa di perdengarkan suara master tanpa dikerodong di dalam rumah. Pastikan Anda menempatkannya di tempat yang tenang.

Kemudian pada malam hari dimulai antara 18.00 atau menjelang magrib, Anda bisa mengkrodong sangkar burung kemudian memperdengarkan master secara sayup-sayup. Memperdengarkan master bisa berlangsung hingga keesokan paginya.

Mabung

Kemudian waktu yang sangat baik untuk memperdengarkan master kepada burung adalah pada saat pergantian bulu atau yang biasa kita kenal dengan sebutan mabung.

Baca juga: Cara Merawat Telur dan Anak Kacer Supaya Sehat

Pada saat itu, burung bisa berkonsentrasi dengan lebih baik karena burung tidak melakukan banyak aktivitas selain merontokkan bulu-bulunya (baca selengkapnya: perawatan kacer mabung).

Master

Setelah Anda memiliki waktu-waktu yang digunakan untuk memperdengarkan master kepada burung, selanjutnya ada beberapa metode yang digunakan dalam memberikan isian kepada Burung Kacer misalnya,

Metode pertama adalah dengan menggunakan burung asli, baik itu Burung Lovebird, Cucak Rowo, dan lain-lain. Namun metode tersebut sudah mulai banyak ditinggalkan karena memakan banyak biaya.

Saat ini para peternak sudah beralih menggunakan audio yang baik itu yang berasal dari smartphone maupun dari MP3 player. Metode ini selain murah, cukup efektif, juga bisa kita variasikan dan bisa diedit dengan suara-suara yang kita inginkan.

Beberapa suara master yang baik untuk tipe Burung Kacer antara lain,

Burung Cucak Ijo
Burung Kenari
Suara Jangkrik
Suara Belalang
Burung Cililin
Burung Kapas Tembak
Burung Lovebird
Murai Batu, Dll.

Yang Perlu Diperhatikan saat Memperdengarkan Master

Pada siang hari, burung tidak diperdengarkan audio atau master sepanjang hari mulai dari pagi hingga sore. Melainkan harus dibagi menjadi setidaknya 2 sesi untuk memberikan kesempatan kepada burung beristirahat.

Baca juga: Penyebab Anakan Kacer Mati di Usia Dini yang Perlu Anda Ketahui

Perhatikan selalu burung Anda pada saat di master. Apabila burung menyahut dan membalas suara master sebaiknya Anda tidak memperdengarkannya atau mematikan audio terlebih dahulu karena hal tersebut akan membuat proses ini menjadi sia-sia. Dikatakan sia-sia karena konsentrasi burung tidak mendengar suara master melainkan memperdengarkan suaranya sendiri.

Pastikan Anda menempatkannya di tempat yang tenang, jauh dari suara gaduh maupun suara mesin dan televisi serta beberapa suara pengganggu lainnya.

Kenali karakter suara Kacer yang Anda miliki agar Anda bisa memberikan kompilasi audio yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.