Ciri-Ciri Burung Kacer Trotolan Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Burung Kacer Trotolan Jantan dan Betina

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya-tanya, “sebenarnya Burung Kacer itu ada berapa jenis sih?” Burung Kacer sebenarnya hadir dalam beberapa jenis diantaranya adalah, Burung Kacer Anis, misalnya Anis Merah, Anis Macan, Anis Cendana dan Anis Kembang. Kemudian ada juga jenis Kacer Hitam yang dikenal memiliki dua jenis yaitu Kacer Dada Hitam dan Kacer Poci atau yang berdada putih. Dan satu lagi Kacer yang banyak dikenal yaitu Kacer Madagaskar, dll.

Baca juga: Informasi Seputar Burung Kacer Hitam

Khusus untuk jenis burung anakan yang biasa disebut dengan Kacer Trotolan, saat ini sudah banyak diperjualbelikan dan memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah perawatannya yang mudah dan bisa menerima berbagai jenis master. Itulah yang kemudian menyebabkan banyak breeder menyukai burung ini untuk dirawat dan dibentuk.

Ciri Kacer Trotolan Jantan dan Betina

Mengenal Kacer Medan dan Ciri-cirinya (1)

Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari membedakan jenis kelamin antara burung jantan dan betina diantaranya adalah, memudahkan kita dalam proses penjodohan dipenangkaran untuk mengembangbiakan. Selain itu, tentu saja Burung Kacer jantan lebih banyak diincar oleh para penyuka burung karena burung jenis kelamin jantan memiliki suara yang lebih bervariasi dibandingkan dengan burung dengan jenis kelamin betina.

Saat masih anakan biasanya Kacer sangat sulit dibedakan antara betina dan jantan baik dari segi fisik maupun bulunya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membedakan antara Kacer trotolan jantan dan betina, berikut adalah beberapa trik dan tipsnya.

A. Bentuk Paruh

Bentuk paruh burung jantan lebih lebar di pangkalnya kemudian tampak lancip diujung. Sedikit berbeda dengan burung betina yang dari pangkalnya tidak terlalu lebar namun cukup proporsional.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bakalan / Anakan

B. Warna Bulu Burung

Burung jantan identik dengan warna yang lebih mengkilat, lebih rapi dan tampak lebih bersih. Berbeda dengan indukan betina yang bulunya terlihat agak kusam dibandingkan dengan pejantan terutama pada saat dewasa atau sesudah mabung (penggantian bulu) akan tampak semakin jelas.

C. Dilihat Dari Bentuk Kepala

Selain beberapa kriteria diatas, sebenarnya burung ini juga bisa dibedakan dari bentuk batok kepalanya. Batok kepala jantan tampak datar di bagian atasnya sehingga seolah-olah terlihat seperti persegi. Sedangkan untuk betina umumnya terlihat lebih bulat.

D. Ciri-ciri Fisik

Tubuh burung trotol jantan sedikit lebih kurus namun lebih panjang dibandingkan dengan burung betina yang tampak lebih bulat dan gemuk serta berisi.

E. Black Spot pada Lidah

Black spot atau titik hitam biasanya diketahui muncul di beberapa lidah burung jantan.

Baca juga: Cara Menurunkan Birahi Kacer Yang Paling Jitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.